Site announcements

(Tidak ada topik diskusi dalam forum ini)

Kursus yang tersedia

Konsep IPS Dasar
Arif Mahya Fanny

Konsep IPS Dasar

Mata kuliah konsep dasar IPS merupakan salah mata kuliah kompetensi program studi yang membahas tentang  ilmu-ilmu sosial seperti ilmu sosiologi, ilmu antropologi, ilmu ekonomi, ilmu politik pemerintah, ilmu sejarah, ilmu geografi serta media keterampilan IPS

Pendidikan Pancasila
suhartono Guapo

Pendidikan Pancasila

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah berkelanjutan dari mata pelajaran PPKn/Pkn di tingkat sekolah menengah dan Atas yang pernah diterima mahasiswa yang kedalaman materi sudah diperluas. Pendidikan Pancasila merupakan upaya pengkajian, penguasaan, pamahaman dan penghayatan Fungsi Pokok Pancasila sebagai Idologi, Dasar Filsafat Negara serta aplikasinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. dapat mendorong mahasiswa bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, bermoral, beretika, berkepribadian baik, bertanggungjawab atas tugas, mewujudkan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam segala hal agar bangsa Indonesia dapat mengatasi krisis multidimensional, utamanya krisis Moral Kepemimpinan, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya, serta dapat segera mewujudkan tujuan nasional bangsa Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.


Keramik
Suparman .

Keramik

diskripsi mk disikan disini

TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Wawan Gunawan

TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Dalam pembahasan kali ini, pertama-tama kami coba menjelaskan terlebih dahulu tujuan penelitian, pengertian tentang metode sebuah penelitian termasuk pengertian metode penelitian menurut para ahli/pakar. Dan yang terakhir adalah kita jelaskan contoh metode dari penelitian. Maksudnya ialah bahwa pembahasan kali ini akan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang penelitian. Dan selanjutnya akan kami jelaskan macam-macam metode tentang penelitian secara terperinci.

Semoga penjelasan kami disini dapat memberikan jawaban bagi para mahasiswa yang butuh rujukan untuk tugas akhirnya, baik dalam pembuatan skripsi, tesis maupun disertasi.


Sejarah Sastra Indonesia
M. Shoim Anwar

Sejarah Sastra Indonesia

Matakuliah Sejarah Sastra Indonesia memiliki tujuan umum terkait dengan pemahaman terhadap :

Konsep sastra secara umum, konsep  sastra Indonesia, Kelahiran Sastra Indonesia, Konsep Periodesasi  dan  Angkatan dalam Sastra, Pembabakan  dalam Sejarah Sastra Indonesia, Angkatan Balai Pustaka, Angkatan Pujangga Baru, Sastra Indonesia di Masa Jepang, Angkatan 45, Angkatan 66, Angkatan 70/80, Angkatan 2000, Komunitas  Sastra Indonesia,    Majalah Komunitas Sastra, serta Kronik Sastra Indonesia 

BAHASA INDONESIA
Sunu Catur Budiyono

BAHASA INDONESIA

Deskripsi:

Bahasa memegang peran penting dalam perkembangan peradaban manusia. Tanpa bahasa tidak akan ada dinamika karena bahasa mengantarkan manusia pada proses transformasi itu.  Dengan demikian, bahasa menjadi faktor yang sangat utama dalam kehidupan manusia. Manusia merealisasikan seluruh aspek hidupnya terutama dalam relasinya dengan yang lain dalam berbagai bidang memerlukan bahasa. Perkuliahan Bahasa Indonesia ini akan mengantarkan mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa yang baik, mahasiswa akan siap bekerja dalam berbagai bidang yang tentu saja memerlukan proses komunikasi baik secara lisan maupun tulis.  Akan tetapi, mata kuliah Bahasa Indonesia tidak hanya membekali mahasiswa secara teknis saja. Melalui Bahasa Indonesia, mahasiswa diperkernalkan pada aspek-aspek pengajaran etika, sopan santun, penghargaan pada otoritas, menghormati Tuhan dan  memuliakan Tuhan. Dalam perkuliahan Bahasa Indonesia akan dibahas hakikat bahasa, pengertian dan penggunaan ragam bahasa tulis, kaidah-kaidah bahasa, pernalaran, dan teknis menulis untuk membuat karya tulis karena program perguruan tinggi lebih memusatkan perhatian pada dunia ilmiah. Karya tulis yang dihasilkan oleh mahasiswa adalah karya ilmiah. Untuk mencapai pemahaman tersebut, mahasiswa akan diberikan topik-topik kuliah mengenai kalimat efektif, paragraf, dan pernalaran, serta banyak latihan mengenai topik-topik tersebut. Hal tersebut akan sangat berguna untuk mencapai kemampuan berkomunikasi melalui bahasa tulis pada mata kuliah lain, dalam dunia kerja, dan dalam kehidupan sehari-hari. 


Apresiasi Sastra (Prosa, Puisi, Drama)
Eko Cahyo

Apresiasi Sastra (Prosa, Puisi, Drama)

Mata kuliah  ini membahas tentang   hakikat dan  bekal awal apresiasi, pendekatan-pendakatan dalam  apresiasi sastra, pengertian dan unsur-unsur puisi, mengapresiasi puisi (termasuk puisi anak), pengertian dan unsur-unsur prosa fiksi, mengapresiasi prosa fiksi (termasuk prosa fiksi anak), pengertian dan unsur-unsur drama, dan mengapresiasi drama (termasuk drama anak)


Kreativits Dan Keberbakatan
Aisyah Aisyah

Kreativits Dan Keberbakatan

Mata kuliah ini membahas tentang kreativitas dan keberbakatan yang harus dimiliki oleh seorang guru pendidikan anak usia dini.

Konsep Matematika Dasar
Via Yustitia

Konsep Matematika Dasar

Konsep Matematika Dasar merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD semester 1. MK ini membahas tentang hakikat dan karakteristik matematika sebagai ilmu, dasar-dasar penalaran matematika, konsep dasar bilangan, himpunan, relasi, fungsi,  geometri dasar serta persamaan dan pertidaksamaan.