
Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas G
Setelah mengikuti mata kuliah Bahasa dan Sastra
Indonesia, mahasiswa mampu menjelaskan berbagai konsep bahasa yang meliputi hakikat,
karakteristik, fungsi, dan komponen bahasa yang dimanfaatkan dalam tindak
berbahasa atau berkomunikasi dan sebagai
karya cipta imajinatif dan estetik dengan bahasa sebagai medianya melalui
pemahaman sejarah, teori, dan genre sastra Indonesia; serta pemahaman genre
sastra anak (C4), menginternalisasi nilai, norma, dan etika
akademik (A2), dan mengelola pembelajaran secara mandiri (P3).

Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas D
Setelah mengikuti mata kuliah Bahasa dan Sastra
Indonesia, mahasiswa mampu menjelaskan berbagai konsep bahasa yang meliputi hakikat,
karakteristik, fungsi, dan komponen bahasa yang dimanfaatkan dalam tindak
berbahasa atau berkomunikasi dan sebagai
karya cipta imajinatif dan estetik dengan bahasa sebagai medianya melalui
pemahaman sejarah, teori, dan genre sastra Indonesia; serta pemahaman genre
sastra anak (C4), menginternalisasi nilai, norma, dan etika
akademik (A2), dan mengelola pembelajaran secara mandiri (P3).

Konsep Dasar IPS

BRAILLE
Pada mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mempraktikkan membaca dan menulis huruf Braille dengan benar sesuai kaidah penulisan huruf Braille.
Untuk dapat mencapai tujuan mata kuliah tersebut, maka dalam perkuliahan ini mahasiswa akan belajar mengenai:
1. Sejarah
perkembangan braille 2. Kaidah penulisan braille bahasa Indonesia 3. Kaidah penulisan braille matematika 4. Kaidah penulisan tusing Braille 5. Kaidah penulisan braille musik 6. Kaidah penulisan braille arab

Perkembangan Peserta Didik
Pada mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mencapai Capaian Pembelajaran-Mata Kuliah (CP-MK) yakni Mahasiswa mampu menjelaskan teori perkembangan peserta didik baik siswa normal maupun siswa berkebutuhan khusus dengan benar.
Selain CP-MK, mahasiswa juga diharapkan mampu mencapai Capaian Lulusan Prodi Studi, yakni mahasiswa mampu:
1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
3. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
5. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar mengajar pada tiap jenjang dan satuan pendidikan khusus yang dilandasi dengan nilai-nilai humanistik dan hak asasi manusia;

Persamaan Diferensial
Mata kuliah ini berkenaan dengan persamaan yang memuat variabel tidak bebas beserta
derivatif-derivatifnya. Pembahasan utama dalam mata kuliah ini adalah tentang bagaimana
menentukan solusi atau mencari penyelesaian dari suatu persamaan differensial mulai dari
persamaan diferensial order satu, dan persamaan diferensial order tinggi. Mata kuliah persamaan
diferensial ini khusus untuk persamaan differensial biasa (ordiner). Manfaat mata kuliah ini adalah
untuk membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam bentuk persamaan differensial.
Selain itu mata kuliah ini juga bisa digunakan sebagai referensi untuk mengambil studi lanjut, baik
dalam disiplin ilmu matematika maupun disiplin ilmu lain.

BULU TANGKIS

Pendidikan Pancasila
Pendidikan pancasila merupakan perkuliahan yang wajib diikuti oleh semua Mahasiswa, karena Mahasiswa merupakan warga negara Republik Indonesia, dan Bangsa Indonesia sepakat bahwa Pancasila merupakan ideologi yang disepakati bersama.

Pendidikan Pancasila
Pendidikan pancasila merupakan perkuliahan yang wajib diikuti oleh semua Mahasiswa, karena Mahasiswa merupakan warga negara Republik Indonesia, dan Bangsa Indonesia sepakat bahwa Pancasila merupakan ideologi yang disepakati bersama.

Menyimak
Mata kuliah ini membahas hakikat menyimak, kegiatan menyimak, berbagai strategi menyimak, menyimak komprehensif, latihan-latihan menyimak berbagai wacana lisan, menilai sendiri kemampuan menyimak mahasiswa, serta terampil dalam pembantu menyimak di jenjang sekolah SMP/SMA yang meliputi ketrampilan pemilihan materi, menentukan metode, menentukan media dan melaksanakan evaluasi.

Pendidikan Pancasila
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah berkelanjutan dari mata pelajaran PPKn/Pkn di tingkat sekolah menengah dan Atas yang pernah diterima mahasiswa yang kedalaman materi sudah diperluas. Pendidikan Pancasila merupakan upaya pengkajian, penguasaan, pamahaman dan penghayatan Fungsi Pokok Pancasila sebagai Idologi, Dasar Filsafat Negara serta aplikasinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. dapat mendorong mahasiswa bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, bermoral, beretika, berkepribadian baik, bertanggungjawab atas tugas, mewujudkan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam segala hal agar bangsa Indonesia dapat mengatasi krisis multidimensional, utamanya krisis Moral Kepemimpinan, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya, serta dapat segera mewujudkan tujuan nasional bangsa Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.