
Analisis Wacana Pragmatik_A
*Selamat Datang di Mata Kuliah Analisi Wacana Pragmatik_
Mata kuliah
ini membahas hakikat pragmatik, sejarah, latar belakang pragmati, manfaat
pragmatik, kedudukan pragmatik denganilmu lain, ruang lingkup pragmatik
(variasi bahasa, deiksis, implikatur,
praanggapan, struktur percakapan), penerapan pragmatik dalam
pembelajaran bahasa Indonesia.

Analisis Wacana Pramatik_18A
*Selamat Datang di Mata Kuliah Analisi Wacana Pragmatik_
Mata kuliah ini membahas hakikat pragmatik, sejarah, latar belakang pragmati, manfaat pragmatik, kedudukan pragmatik denganilmu lain, ruang lingkup pragmatik (variasi bahasa, deiksis, implikatur, praanggapan, struktur percakapan), penerapan pragmatik dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

APRESIASI SASTRA 2019 A
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat dan bekal awal apresiasi, pendekatan-pendakatan dalam apresiasi sastra, pengertian dan unsur-unsur puisi, mengapresiasi puisi (termasuk puisi anak), pengertian dan unsur-unsur prosa fiksi, mengapresiasi prosa fiksi (termasuk prosa fiksi anak), pengertian dan unsur-unsur drama, dan mengapresiasi drama (termasuk drama anak)

Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas D
Setelah mengikuti mata kuliah Bahasa dan Sastra
Indonesia, mahasiswa mampu menjelaskan berbagai konsep bahasa yang meliputi hakikat,
karakteristik, fungsi, dan komponen bahasa yang dimanfaatkan dalam tindak
berbahasa atau berkomunikasi dan sebagai
karya cipta imajinatif dan estetik dengan bahasa sebagai medianya melalui
pemahaman sejarah, teori, dan genre sastra Indonesia; serta pemahaman genre
sastra anak (C4), menginternalisasi nilai, norma, dan etika
akademik (A2), dan mengelola pembelajaran secara mandiri (P3).

Bahasa Indonesia C
Pembahasan sejarah bahasa Indonesia, kedudukan dan fungsi, ragam bahasa Indonesia, EBI, diksi, kalimat efektif, paragraf, membaca untuk menulis, menulis akademik, dan berbicara untuk kepentingan akademik.

Bahasa Indonesia E
Pembahasan sejarah bahasa Indonesia, kedudukan dan fungsi, ragam bahasa Indonesia, EBI, diksi, kalimat efektif, paragraf, membaca untuk menulis, menulis akademik, dan berbicara untuk kepentingan akademik.

Bahasa Indonesia Kelas M
Mata kuliah ini menjelaskan tentang penerapan diksi, kalimat efektif, paragraf, organisasi tulisan, gaya dan nada dalam tulisan, serta pelatihan penulisan wacana, membuat resume, karya ilmiah popular dan murni. Selain itu matakuliah ini menjelaskan konsep tentang bahasa dan pengajaran bahasa serta aspek korelasional antar keduanya, menjelaskan secara konseptual tentang keterampilan bahasa, menyebutkan bidang keterampilan bahasa, dan hubungan antar aspek-aspeknya, menjelaskan konsep, fungsi, dan tujuan keterampilan menulis; jenis-jenis tulisan (karangan) yang umum dihasilkan seorang penulis serta proses dalam membuat suatu tulisan, menjelaskan secara praksis tentang menulis ilmiah (artikel ilmiah dan hasil penelitian), serta teknik pengembangannya secara efektif dalam bahasa Indonesia.

BAHASA INDONESIA MB2020MS
Mahasiswa
dapat menjelaskan ejaan bahasa
Indonesia, kalimat efektif, paragraf, surat resmi, jenis tulisan, tema, topik,
judul dan kerangka karangan, simpulan, ringkasan, abstrak, kutipan dan sistem
rujukan, dan karya ilmiah dan menyusun artikel ilmiah

Berbicara
Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan berbicara, mampu mempraktikan bentuk-bentuk penyampaian, mampu menghubungkan keterampilan berbicara dengan etika serta norma akademik, dan mampu melaksanakan pengajaran serta penilaian berbicara.

BERBICARA
Matakuliah berbicara
merupakan salah satu matakuliah keterampilan berbahasa, matakuliah berbicara
diberikan agar mahasiswa memperleh dasar
teori keterampilan berbicara, yang dapat digunakan dalam berbagai komunikasi
dengan efektif. Selain itu, nantinya mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan
keterempilan berbicara dalam pembelajaran, serta mahasiswa diharapkan dapat
mengembangkan kemampuan berbicara dalam komunikasi sehari-hari.

bi
Pembahasan sejarah bahasa Indonesia, kedudukan dan fungsi, ragam bahasa Indonesia, EBI, diksi, kalimat efektif, paragraf, membaca untuk menulis, menulis akademik, dan berbicara untuk kepentingan akademik.

Dasar-Dasar Pendidikan 2020 C
Mata kuliah ini membahas memahami hakikat pendidikan, pandangan ilmiah dan filosofis tentang manusia serta implikasinya terhadap pendidikan, konsep pendidiikan sbg suatu sistem dan sistem pendidikan nasional, dasar, tujuan, dan azas pendidikan, pendidik dan peserta didik, permasalahan-permasalahan pendidikan, dan pendidikan dan masa depan.
ESTETIKA (Kelas 2017-B)
Mata kuliah Estetika merupakan kajian serta praktik dalam dunia sastra. Secara teoretis, mata kuliah ini pada bagian awal akan mengkaji konsep estetika dari berbagai perspektif: religi, filsafat, seni, budaya, ilmu pengetahuan, serta segi kesejarahan estetika. Pada bagian lanjut, akan dikhususkan pada estetika sastra, baik sastra lama maupun sastra modern, baik sastra daerah maupun sastra Indonesia.
Pada estetika sastra modern, akan didalami segi estetika sastra Idonesia, baik puisi maupun prosa dari beberapa sastrawan Indonesia. Diharapkan mahasiswa memahami gaya dan ciri khas masing-masing sastrawan.
Pada bagian akhir, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan estetika dalam berkarya, baik puisi maupun prosa. Masalah orisinalitas dalam berkarya harus diutamakan sehingga tercipta estetika yang khas untuk tiap-tiap mahasiswa.

ESTETIKA (Kelas 2017-A)
Mata kuliah Estetika merupakan kajian serta praktik dalam dunia sastra. Secara teoretis, mata kuliah ini pada bagian awal akan mengkaji konsep estetika dari berbagai perspektif: religi, filsafat, seni, budaya, ilmu pengetahuan, serta segi kesejarahan estetika. Pada bagian lanjut, akan dikhususkan pada estetika sastra, baik sastra lama maupun sastra modern, baik sastra daerah maupun sastra Indonesia.
Pada estetika sastra modern, akan didalami segi estetika sastra Idonesia, baik puisi maupun prosa dari beberapa sastrawan Indonesia. Diharapkan mahasiswa memahami gaya dan ciri khas masing-masing sastrawan.
Pada bagian akhir, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan estetika dalam berkarya, baik puisi maupun prosa. Masalah orisinalitas dalam berkarya harus diutamakan sehingga tercipta estetika yang khas untuk tiap-tiap mahasiswa.

Filsafat Ilmu
Filsafat Ilmu merupakan mata kuliah dasar yang mempelajari seluk beluk konsep dan metodologi keilmuan yang akan dijadikan landasan berpikir untuk mata kuliah selanjutnya.

KEWIRAUSAHAAN 2018 B
Pada hakikatnya, entrepreneurship bukan hanya bakat yang dibawa sejak lahir dan dapat dipraktikkan begitu saja di lapangan usaha. Entrepreneurship selain dapat dipelajari, juga harus dapat diinternalisasi secara luas melalui proses pendidikan. Individu yang memiliki jiwa entrepreneur adalah individu yang mengenal potensi dirinya dengan baik, belajar mengembangkan potensi untuk melihat dan mengkreasikan peluang dalam mewujudkan cita-citanya.
Ruang lingkup konsep entrepreneurship yang akan dibahas dan didiskusikan dalam mata kuliah ini berorientasi pada dua aspek utama, yaitu orientasi nilai (value-oriented) dan orientasi tujuan (goal-oriented). Salah satu muatan penting yang perlu diintroduksi kepada mahasiswa yaitu internalisasi sistem nilai yang terkandung dalam entreprneurship, yakni kemandirian, berpikir kreatif, soft-skill, keterampilan
interpersonal, komunikasi persuasif, kerja keras, persistensi, dan lainnya. Pada akhirnya, dampak jangka panjang yang diharapkan dari pembentukan nilai-nilai tersebut adalah kemampuan menangkap dan mengkreasikan peluang menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual dan nilai tambah; “merubah kotoran dan rongsokan menjadi emas” (Dr. Ir. Ciputra, Indonesia Entrepreneur of The Year 2007).