Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan
Dr. Yayuk Chayatun Machsunah, S.Sos, M.Pd .

Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan

Mata Kuliah ini membahas tentang prinsip dasar-dasar ilmu pendidikan dan konsep dasar ilmu pendidikan serta penerapannya dalam praksis pendidikan yang mencakup: fenomena pendidikan, sudut pandang historis pendidikan, hakikat pendidikan dan ilmu pendidikan, pendidikan sebagai sistem, dan isu-isu (permasalahan pendidikan dalam) konteks pembaruan (inovasi) pendidikan.

ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR
Durrotun Nafisah,S.Pd,M.Pd

ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR

Pada mata kuliah ini merupakan salah satu dari Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) yang akan membentuk kepribadian, kepekaan social mahasiswa dalam bermasyarakat dan menambah wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa memiliki kemampuan daya kritis, kreatif dan kepekaan mahasiswa dalam menanggapi masalah-masalah social dan budaya. Serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah sosial dan budaya secara arif dalam konteks nasional dan global.

PENDIDIKAN PANCASILA
Durrotun Nafisah,S.Pd,M.Pd

PENDIDIKAN PANCASILA

PendidikanPancasila merupakandasar falsafah negara yang digunakan untuk mengatur pemerintah dan tatanan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, diperlukan adanya PendidikanPancasila bagi generasi muda, penerus kepemimpinan Nasional. PendidikanPancasila ditujukan agar mahasiswa dapat mengembangkan knowledge,attitude,dan skill sebagai calon pemimpin bangsa.

STUDI MASYARAKAT INDONESIA
Durrotun Nafisah,S.Pd,M.Pd

STUDI MASYARAKAT INDONESIA

Mata Kuliah Studi Masyarakat Indonesia merupakan mata kuliah penunjang bagi mahasiswa untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang prinsip dasar sosial bagi kehidupan masyarakat sebagai kesatuan sosial sehingga menyadari keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Mengkaji tentang realita masyarakat Indonesia yang menunjukkan adanya keragaman etnis, budaya dan agama. Budaya Indonesia didukung oleh budaya daerah sehingga terbentuk masyarakat Indonesia yang majemuk dan multikultural sehingga harus dipahami realita sebagai kekayaan bangsa yang berpotensi untuk kemajuan sekaligus berpotensi menimbulkan konflik.