
BAHASA INDONESIA 2019 PAUD A
Mata kuliah ini adalah mata kuliah pengembangan kepribadian bahasa Indonesia. Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu (1) menggunakan bahasa Indonesia untuk memperkaya pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah ke dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang berkualitas (memenuhi syarat objektivitas, koherensi, kohesi, efektivitas, efisiensi, dan komunikatif); (2) menyunting secara kritis berbagai karya ilmiah dan menyempurnakannya berdasarkan hasil sunt ingan; (3) memanfaatkan kemahiran dalam berbahasa Indonesia untuk mengembangkan diri sepanjang hayat. Perkuliahan ini dilaksanakan dengan pendekatan komunikatif dan kontekstual melalui teknik diskusi, latihan, dan presentasi.

Dasar-dasar Pendidikan
Membahas tentang PAUD secara holistik dan menyeluruh baik PAUD formal, informal, maupun non formal.
Materi yang dipelajari antara lain:
1. Konsep, tujuan, sasaran, karakteristik, ruang lingkup, dasar-dasar pentingnya pendidikan anak usia dini.
2. Memahami berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia dini. PAUD.
3. Penataan lingkungan/kelas pada pembelajaran PAUD.
4. Menu pembelajaran PAUD.
5. Kompetensi dan peran guru PAUD.
6. Pengelolaan dan Penyelenggaraan PAUD.
7. Penilaian hasil belajar pada PAUD.
8. Media dalam PAUD.
9. Pengalaman/pengetahuan langsung tentang penyelenggaraan/pelaksanaan PAUD baik formal, non formal, maupun informal yang ada di masyarakat.

Ilmu Pendidikan Anak
Mata kuliah ini membahas tentang ilmu pendidikan terhadap Anak Usia Dini, yang mana mata kuliah ini mempelajarai tentang bagaimana seorang guru PAUD memberikan pembelajaran kepada anak didiknya . Mata kuliah ini membahas berbagai ilmutentang pendidikan Anak Usia Dini.

Ke-PGRI-an
Perkuliahan ini berisi
: telaah tentang PGRI yang mencakup : sejarah, AD/ART, visi, misi, syarat keanggotan, hasil
perjuangan PGRI dalam meningkatkan perlindungan, kesejahteraan dan
keprofesionalan anggotanya

KONSEP DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Mata kuliah ini berisi
tentang hakikat anak usia dini, harapan terhadap anak; hakikat PAUD (tujuan dan
fungsi PAUD); sejarah PAUD; filosofi dalam PAUD; kajian analisis; dan
implementasi filosofi dalam PAUD.

Kreativitas dan Keberbakatan
Perkuliahan ini berisi : telaah tentang hakikat kreativitas yang mencakup : definisi, kreativitas dalam berbagai teori, dimensi/aspek, kreativitas dalam pembelajaran, mengenalkan kreativitas pada anak usia dini, faktor yang mempengaruhi kreativitas, anak berbakat, kecerdasan jamak. Mahasiswa juga mempraktekkan proses tahapan berpikir kreatif dalam merancang kreativitas sesuai karakteristik kecerdasan jamak.

Kreativits Dan Keberbakatan
Mata kuliah ini membahas tentang kreativitas dan keberbakatan yang harus dimiliki oleh seorang guru pendidikan anak usia dini.

MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PAUD
Memberikan bekal kepada mahasiswa
agar nantinya memiliki seperangkat
pengetahuan, wawasan dan pengalaman
manajemen dalam penyelenggaran
serta pengelolaan PAUD ataupun jenis-jenis
program penyelenggaraan pendidikan anak usia
dini (PAUD) seperti :
TPA, SPS, KB, TK berdasarkan permen permen
58, tahun 2009, permen 137 & 146 tahun 2014

Metodologi Pengembangan Matematika Anak Usia Dini
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa
mampu megintegrasikan teori dan praktik dalam mengembangkan kemampuan dasar matematika sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini, serta terampil mengaplikasikan dalam pembelajaran
PAUD

Metodologi Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini

metodologi pengembangan sosial emosional anak usia dini
Mata kuliah ini mempelajari teori-teori yang memuat tentang pengertian sosial dan emosional serta karakteristik sosial emosional anak usia dini serta mem[raktikkan untuk merancang pengembangannya dan evaluasinya

METPEN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
Melalui kegiatan perkuliahan tatap muka, diskusi kelompok dan penugasan serta aktivitas perkulaiahan lainnya mahasiswa diberi bekal pemahaman tentang jenis-jenis penelitian, ciri-ciri penelitian sesuai jenisnya, rancangan penelitian, data, dan analisisnya menurut masing-masing jenis penelitiannya.

Neurosains Anak Usia Dini
Mata kuliah ini mempelajari tentang hubungan antara neurosains terhadap pembelajaran pada anak usia dini, struktur otak dan sistem saraf pada manusia, cara otak anak bekerja, multiple intelegence, cara mengoptimalkan kerja otak dengan berbagai metode serta pemenuhan gizi untuk otak, serta bagaimana cara melakukan stimulasi pembelajaran pada anak usia dini dan melakukan evaluasi terhadap pembelajaran tersebut.

Pendidikan Anak Dalam Keluarga
Mata Kuliah Pendidikan Anak Dalam Keluarga memberikan pengetahuan tentang bagaimana seorang guru Anak Usia dini memahami latar belakang pola asuh peserta didiknya yang telah diberikan terhadap putra putrinya. Materi yang diberikan terdiri dari konsep konsep dasar pendidikan anak sejak uisa dini untuk membentuk karakter dan kepribadian anak. Mata kuliah ini menjelaskan pengertian tentang Pendidikan Anak Dalam Keluarga, konsep dasar pendidikan anak dalam keluarga, tujuan pendidikan anak dalam keluarga, fungsi keluarga, peranan keluarga, posisi keluarga dalam lingkungan pendidikan, Bentuk –bentuk anak dalam keluarga, macam-macam keluarga, karakteristik keluarga.

Pengantar Psikologi

PENGEMBANGAN KURIKULUM PAUD
Mata kuliah ini berisi tentang prinsip-prinsip dan cara belajar anak,
sejarah perkembangan kurikulum PAUD di Indonesia, konsep kurikulum
Tempat Penitipan Anak, Kelompok Bermain, dan Taman Kanak-kanak, berbagai
implementasi kurikulum di Tempat Penitipan Anak, Kelompok Bermain, dan
Taman Kanak-Kanak, dan pengembangan tema untuk pendidikan anak usia
dini.

Perencanaan Pembelajaran PAUD
Deskripsi Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran Anak Usia Dini .
Mata Kuliah ini berfungsi membekali mahasiswa dengan pemahaman dan wawasan yang komprehensif yang meliputi konsep perencanaan pembelajaran tentang perencanaan pembelajaran Anak Usia Dini , fungsi dan tujuan perencanaan pembelajaran Anak Usia Dini, Komponen – komponen perencanaan , menyusun program perencanaan pembelajaran Anak Usia Dini secara praktik, serta mahasiswa berlatih menyusun Program Semester , Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH).