Font size
  • A-
  • A
  • A+
Site color
  • R
  • A
  • A
  • A
virtual learning environment of adi buana
  • English ‎(en)‎ Indonesian ‎(id)‎
  • Log in

    Access to the platform

    Forgotten your username or password?

  • Log in
Skip to main content

PG-PAUD

  1. Home
  2. Courses
  3. FPeP
  4. PG-PAUD

Pendidikan Guru PAUD S1

  • 1 (current)
  • 2
  • » Next
BAHASA INDONESIA 2019 PAUD A
Eko Cahyo

BAHASA INDONESIA 2019 PAUD A

Mata kuliah ini adalah mata kuliah pengembangan kepribadian bahasa Indonesia. Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu (1) menggunakan bahasa Indonesia untuk memperkaya pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah ke dalam berbagai  bentuk  karya  ilmiah  yang  berkualitas  (memenuhi  syarat  objektivitas, koherensi,  kohesi,  efektivitas,  efisiensi,  dan  komunikatif);  (2)  menyunting  secara kritis berbagai karya ilmiah dan menyempurnakannya berdasarkan hasil sunt ingan; (3) memanfaatkan kemahiran dalam berbahasa Indonesia untuk mengembangkan diri sepanjang hayat. Perkuliahan ini dilaksanakan dengan pendekatan komunikatif dan kontekstual melalui teknik diskusi, latihan, dan presentasi.


Dasar-dasar Pendidikan
TITAH KINAS1H .Andri Kurniawan

Dasar-dasar Pendidikan

Membahas tentang PAUD secara holistik dan menyeluruh baik PAUD formal, informal, maupun non formal. 

Materi yang dipelajari antara lain:

1.    Konsep, tujuan, sasaran, karakteristik, ruang lingkup, dasar-dasar pentingnya pendidikan anak usia dini.

2.   Memahami berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia dini.  PAUD.

3.   Penataan lingkungan/kelas pada pembelajaran PAUD.

4.   Menu pembelajaran PAUD.

5.   Kompetensi dan peran guru PAUD.

6.   Pengelolaan dan Penyelenggaraan PAUD.

7.   Penilaian hasil belajar pada PAUD.

8.   Media dalam PAUD.

9.   Pengalaman/pengetahuan langsung tentang penyelenggaraan/pelaksanaan PAUD baik formal, non formal, maupun informal yang ada di masyarakat. 


Ilmu Pendidikan Anak
Aisyah Aisyah

Ilmu Pendidikan Anak

Mata kuliah ini membahas tentang ilmu pendidikan terhadap Anak Usia Dini, yang mana mata kuliah ini mempelajarai tentang bagaimana seorang guru PAUD memberikan pembelajaran kepada anak didiknya . Mata kuliah ini membahas berbagai ilmutentang pendidikan Anak Usia Dini.

Ke-PGRI-an
ANIES LISTYOWATI .

Ke-PGRI-an

Perkuliahan ini berisi : telaah tentang PGRI yang mencakup : sejarah, AD/ART, visi, misi, syarat keanggotan, hasil perjuangan PGRI dalam meningkatkan perlindungan, kesejahteraan dan keprofesionalan anggotanya

KONSEP DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
AHMAD FACHRURRAZI

KONSEP DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Mata kuliah ini berisi tentang hakikat anak usia dini, harapan terhadap anak; hakikat PAUD (tujuan dan fungsi PAUD); sejarah PAUD; filosofi dalam PAUD; kajian analisis; dan implementasi filosofi dalam PAUD.

Kreativitas dan Keberbakatan
ANIES LISTYOWATI .

Kreativitas dan Keberbakatan

Perkuliahan ini berisi : telaah tentang hakikat kreativitas yang mencakup : definisi, kreativitas dalam berbagai teori,  dimensi/aspek, kreativitas dalam pembelajaran, mengenalkan kreativitas pada anak usia dini, faktor yang mempengaruhi kreativitas, anak berbakat, kecerdasan jamak. Mahasiswa juga mempraktekkan proses tahapan berpikir kreatif dalam merancang kreativitas sesuai karakteristik kecerdasan jamak.

 


Kreativits Dan Keberbakatan
Aisyah Aisyah

Kreativits Dan Keberbakatan

Mata kuliah ini membahas tentang kreativitas dan keberbakatan yang harus dimiliki oleh seorang guru pendidikan anak usia dini.

MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PAUD
MADE AYU ANGGRENI S.Pd., M.Pd

MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PAUD

Memberikan bekal kepada mahasiswa agar nantinya memiliki seperangkat  pengetahuan, wawasan dan pengalaman manajemen dalam penyelenggaran serta pengelolaan  PAUD ataupun jenis-jenis  program  penyelenggaraan  pendidikan  anak  usia  dini  (PAUD)  seperti :  TPA, SPS,  KB,  TK berdasarkan permen permen 58,  tahun 2009, permen 137 & 146  tahun 2014

METODOLOGI PENGEM. MOTORIK HALUS
MADE AYU ANGGRENI S.Pd., M.Pd

METODOLOGI PENGEM. MOTORIK HALUS



Metodologi Pengembangan Kognitif
Andri KurniawanMADE AYU ANGGRENI S.Pd., M.Pd

Metodologi Pengembangan Kognitif

Metodologi Pengembangan Matematika Anak Usia Dini
ERVIN NURUL AFFRIDA

Metodologi Pengembangan Matematika Anak Usia Dini

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu megintegrasikan teori dan praktik dalam mengembangkan kemampuan dasar matematika sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini, serta terampil mengaplikasikan dalam pembelajaran PAUD
 

Metodologi Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini
ERVIN NURUL AFFRIDA

Metodologi Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini

Matakuliah ini mempelajari hakekat dan ruang lingkup pembelajaran sains untuk anak usia dini, tujuan dan manfaat pembelajaran sains, bentuk-bentuk sains dasar untuk anak usia dini, pendekatan dan strategi pembelajaran sains berdasarkan tahap perkembangan anak usia dini, sains bagi anak berkebutuhan khusus, evaluasi pembelajaran sains, serta permasalahan-permasalahan sains dan solusinya dalam pembelajaran PAUD.
•

metodologi pengembangan sosial emosional anak usia dini
ACHMADI .

metodologi pengembangan sosial emosional anak usia dini

Mata kuliah ini mempelajari teori-teori yang memuat tentang pengertian sosial dan emosional serta karakteristik sosial emosional anak usia dini serta mem[raktikkan untuk merancang pengembangannya dan evaluasinya

METPEN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
AHMAD FACHRURRAZI

METPEN KUALITATIF DAN KUANTITATIF

Melalui kegiatan perkuliahan tatap muka, diskusi kelompok dan penugasan serta aktivitas perkulaiahan lainnya mahasiswa diberi bekal pemahaman tentang jenis-jenis penelitian, ciri-ciri penelitian sesuai jenisnya, rancangan penelitian, data, dan analisisnya menurut masing-masing jenis penelitiannya.

Neurosains Anak Usia Dini
ISABELLA HASIANA .

Neurosains Anak Usia Dini

Mata kuliah ini mempelajari tentang hubungan antara neurosains terhadap pembelajaran pada anak usia dini, struktur otak dan sistem saraf pada manusia, cara otak anak bekerja, multiple intelegence, cara mengoptimalkan kerja otak dengan berbagai metode serta pemenuhan gizi untuk otak, serta bagaimana cara melakukan stimulasi pembelajaran pada anak usia dini dan melakukan evaluasi terhadap pembelajaran tersebut. 

Pendidikan Anak Dalam Keluarga
Aisyah Aisyah

Pendidikan Anak Dalam Keluarga

Mata Kuliah Pendidikan Anak Dalam Keluarga memberikan pengetahuan tentang bagaimana seorang guru Anak Usia dini memahami latar belakang pola asuh peserta didiknya yang telah diberikan terhadap putra putrinya. Materi yang diberikan terdiri dari konsep konsep dasar pendidikan anak sejak uisa dini untuk membentuk karakter dan kepribadian anak.  Mata kuliah ini menjelaskan pengertian tentang Pendidikan Anak Dalam Keluarga, konsep dasar  pendidikan anak dalam  keluarga, tujuan pendidikan anak dalam keluarga, fungsi keluarga, peranan keluarga, posisi keluarga dalam lingkungan pendidikan, Bentuk –bentuk anak dalam keluarga, macam-macam keluarga, karakteristik keluarga.


Pengantar Psikologi
ISABELLA HASIANA .

Pengantar Psikologi

Mahasiswa mengetahui, memahami dan mengerti tentang ruang lingkup psikologi, perkembangan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, fungsi psikis, inteligensi, motivasi, bakat, kepribadian serta kehidupan manusia dalam lingkungannya

PENGEMBANGAN KURIKULUM PAUD
AULIA INSANI .

PENGEMBANGAN KURIKULUM PAUD

Mata kuliah ini berisi tentang prinsip-prinsip dan cara belajar anak, sejarah perkembangan kurikulum PAUD di Indonesia, konsep kurikulum Tempat Penitipan Anak, Kelompok Bermain, dan Taman Kanak-kanak, berbagai implementasi kurikulum di Tempat Penitipan Anak, Kelompok Bermain, dan Taman Kanak-Kanak, dan pengembangan tema untuk pendidikan anak usia dini.

Perencanaan Pembelajaran PAUD
AULIA INSANI .

Perencanaan Pembelajaran PAUD

Deskripsi Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek teoritis maupun praktis  yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran Anak Usia Dini .

Mata Kuliah ini berfungsi membekali mahasiswa dengan pemahaman dan wawasan yang komprehensif yang meliputi konsep perencanaan pembelajaran tentang perencanaan pembelajaran Anak Usia Dini , fungsi dan tujuan perencanaan pembelajaran Anak Usia Dini, Komponen – komponen  perencanaan ,  menyusun program  perencanaan pembelajaran Anak Usia Dini secara praktik, serta mahasiswa berlatih menyusun  Program Semester , Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH).

 


Profesi Keguruan
ERVIN NURUL AFFRIDA

Profesi Keguruan

  • 1 (current)
  • 2
  • » Next

Stay in touch

  • http://lppi.unipasby.ac.id
  • +62 851 5766 7263 (WA Only)
  • virlenda@unipasby.ac.id
Data retention summary
Get the mobile app

Proudly made with

Moodle logo

Made with by conecti.me