
Analisis Data Lingkungan
Mahasiswa mampu menerapkanprinsip prinsip analisis data lingkungan untuk mengumpulkan data, mengorganisasikan data, mengolah, menganalisis, serta menarik kesimpulan berupa informasi sebagai dasar pengambilan keputusan.

Azas Bernoulli FISIKA II
Mahasiswa dapat mengaplikasikan tentang azas Bernoulli dalam teknik lingkungan.
Hukum Bernoulli menyatakan bahwa kenaikan kecepatan aliran fluida akan menyebabkan penurunan tekanan fluida secara bersamaan atau penurunan energi potensial fluida tersebut. Intinya adalah tekanan akan menurun jika kecepatan aliran fluida meningkat. Persamaan Bernoulli berhubungan dengan tekanan, kecepatan, dan ketinggian dari dua titik point (titik 1 dan titik 2) aliran fluida yang bermassa jenis . Persamaan ini berasal dari keseimbangan energi mekanik (energi kinetik dan energi potensial) dan tekanan, dimana ;
Tekanan + Ekinetik + Epotensial = konstan
Contoh peristiwa azas Bernoulli ;
https://rahmadhanimulvia.wordpress.com/2015/03/04/video-pembelajaran-fisika-azas-bernoulli/

Bahasa Arab Ketekhnikan
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa pada semsetar 7 sebesar 4 sks yang akan belajar tentang:
1. Konsep dasar anak dengan gangguan penglihatan
2. Klasifikasi dan karakteristik anak dengan gangguan penglihatan
3. Implikasi gangguan penglihatan
4. Identifikasi dan asesemen anak dengan gangguan penglihatan
5. Hakekat pendidikan anak dengan gangguan penglihatan
6. Landasan dan prinsip-prinsip dasar pendidikan anak dengan gangguan penglihatan
7. sumber dan media belajar serta alat pembelajaran anak dengan gangguan penglihatan
8. pembelajaran berbasis ilmiah untuk anak dengan gangguan penglihatan
9. penilaian untuk anak dengan gangguan penglihatan

BIOMONITORING LINGKUNGAN
Tujuan Pembelajaran Mahasiswa akan dapat menentukan metoda pemantauan kualitas lingkungan secara biologis yang sesuai serta dapat menggunakannya dengan benar.

DAUR ULANG LIMBAH INDUSTRI
Mahasiswa memahami tentang proses daur ulang limbah dari berbagai limbah industri mulai dari bahan baku hingga proses produksi termasuk bagan alir
prosesnya serta mampu merencanakan proses daur ulang dan penanganan limbah
secara terpadu

FISIKA I (TEKNIK LINGKUNGAN)
Mahasiswa dapat memahami
hukum hukum dasar fisika melalui uraian matematika sederhana, serta
mengaplikasikan pada keteknikan secara
individu atau diskusi kelompok

FISIKA II GELOMBANG
Mahasiswa dapat memahami tentang gelombang dalam hal ; jenis, macam, rumus rumus, aplikasi dlm teknik lingkungan.
Panjang Gelombang dan Frekuensi Spektrum Cahaya Tampak
Spektrum tampak (visible spectrum) adalah bagian dari spektrum elektromagnetik
yang dapat dilihat oleh mata manusia. Radiasi elektromagnetik pada rentang
panjang gelombang ini disebut cahaya tampak (visiblle light) atau
biasa disebut “cahaya” saja. Panjang
gelombang spektrum cahaya tampak adalah sekitar 380 sampai 700 nm. Frekuensi
spektrum cahaya tampak adalah sekitar 430 sampai 770 THz.
Contoh pemahaman gelombang cahaya pada ;https://www.4muda.com/mengapa-sebagian-jenis-cahaya-tidak-terlihat-mata/

GAMBAR TEKNIK
Deskripsi:
Menguasai konsep Menggambar Teknik dan mengaplikasikan dalam teknik menggambar bangunan sarana-prasarana di bidang Teknik Lingkungan, baik secara manual maupun komputerisasi |
• Mampu mengenal bermacam-macam alat gambar dan dapat mengaplikasikannya dalam gambar teknik • Mampu menggambar sesuai kaidah menggambar teknik secara manual maupun menggunakan Program komputer • Mampu mengaplikasikan teknik menggambar pada suatu desain bangunan di bidang teknik lingkungan, baik secara manual maupun komputer |

Kalkulus 1
Mahasiswa mampu menerapkan prinsip dan teori dasar dan permodelan untuk mengatas masalah dalam bidang teknik lingkungan menggunakan kalkulus.

KIMIA LINGKUNGAN I
KIMIA LINGKUNGAN 1
Mata Kuliah ini menyajikan beberapa metode metode dalam ANALISIS KIMIA LINGKUNGAN

KONSERVASI LINGKUNGAN
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang prinsip konservasi tanah
dan air, faktor-faktor penyebab degradasi tanah, proses erosi tanah, aliran
permukaan, faktor yang mempengaruhi erosi, memprediksi erosi tanah, cara
evaluasi erosi tanah, metode pengendalian erosi tanah, usaha tani konservasi
masa depan, mahasiswa belajar mengamati dan merumuskan masalah kerusakan tanah
dan menulisnya dalam sebuah paper serta presentasi dan diskusi.
